Senin, 06 September 2021

Tugas 1 PWEB B 2021

 Di postingan ini, saya akan menjelaskan proses pembuatan website CV saya. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah :

1. Mencari template

Saya memilih untuk menggunakan template yang sudah ada untuk mempercepat proses pembuatan. Dengan adanya template, saya tinggal melakukan beberapa penyesuaian sehingga pembuatan CV saya jadi lebih mudah tetapi hasilnya tetap bagus. Template yang saya pilih adalah Resume yang disediakan di Startbootstrap.


2. Mengubah konten website

Setelah template di-download, selanjutnya adalah mengubah konten dari file html-nya. Saya mengubah item di navbar menjadi berbahasa Indonesia dan juga mengubah urutannya. Saya juga mengubah urutan section sesuai dengan navbar dan mengubah isinya sesuai dengan data saya.


3. Mengubah style website

Berikutnya saya juga mengubah warna yang digunakan di template agar lebih sesuai dengan preferensi saya. Selain warna, saya juga mengubah style font untuk beberapa bagian. Saya membuat file css baru dan menambahkan link ke file tersebut di html-nya. Kemudian saya mengisikan file css tadi dengan style yang baru. 


 4. Men-deploy website

Setelah website dirasa sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah men-deploy website tersebut. Karena website-nya masih statis, saya memilih untuk menggunakan Github Pages yang gratis dan juga mudah digunakan. Pertama, saya membuat sebuah repository dengan nama raassh-23.github.io di Github. Kemudian saya commit dan push website tadi ke repo tersebut. 


Setelah push selesai, website CV saya sudah bisa diakses dengan url yang sama seperti nama repo tadi, yaitu raassh-23.github.io

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EAS RK D 2022

 Evaluasi Akhir Semester Soal 1. Deskripsikan Kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi penyewaan alat berat.  (Mandiri - Waktu penge...