Minggu, 12 September 2021

Tugas 2 MPPL A 2021

Di postingan ini, saya akan mencoba melakukan analisis yang dilakukan di tahap inisiasi pada sebuah siklus manajemen proyek. Proyek yang akan saya analisa adalah Moka POS.


Berikut adalah hasil analisisnya:

a. Identification of the problem

Masalah yang dapat diselesaikan proyek ini adalah:

  • Pencatatan transaksi secara manual kadang menimbulkan kesalahan
  • Kesulitan mengelola pesanan dalam jumlah besar
  • Penggunaan e-wallet semakin meningkat
  • Analisis penjualan harian sulit dilakukan
  • Pencatatan stok barang kurang akurat
  • Perhitungan pajak yang sulit
  • Data toko dapat disalahgunakan karyawan
  • Perlu memberikan diskon dan promo dengan mudah
  • Kesulitan mengelola toko cabang
  • Kesulitan mengelola toko online di berbagai platform
  • Perlu melakukan analisis perilaku pelanggan untuk meningkatkan pelayanan
  • Ingin melakukan survey pelanggan dengan mudah
  • Ingin menerapkan program loyalty dengan mudah
  • Di usaha restoran, pesanan bisa diantar ke meja yang salah

b. Identification of the scope

Scope dari proyek ini adalah pedagang dan umkm di Indonesia, baik barang maupun jasa

c. Identification of deliverables

Deliverables yang dihasilkan adalah sebuah aplikasi di mobile dan juga website dashboard. Selain itu, juga terdapat hardware opsional yang dapat digunakan, seperti printer, barcode scanner, dll.

d. Identification of the project stakeholders

Project stakeholders dari proyek ini adalah:

  • Pemilik usaha
  • Karyawan
  • Pelanggan
  • Pengembang Moka POS
  • Pengembang aplikasi e-wallet

e. Development of a business case

Proses-proses bisnsi di proyek ini, antara lain:

  • Pemilik usaha dan karyawan dapat register dan login
  • Pemilik usaha dan karyawan dapat mencatat transaksi
  • Pelanggan dapat membayar dengan e-wallet
  • Pemilik usaha dapat mengatur barang dagangan
  • Pemilik usaha dapat melihat dan mengisi stok
  • Pemilik usaha dapat melihat arus kas
  • Pemilik usaha dapat melakukan manajemen karyawan
  • Pemilik usaha dan karyawan dapat melakukan manajemen pelanggan
  • Pemilik usaha dapat memberikan promo, diskon, dan program loyalty 
  • Pemilik usaha dapat mengelola toko-toko cabang dan toko online secara terintegrasi
  • Karyawan dapat melayani pelanggan di toko online secara terintegrasi
  • Karyawan usaha restoran dapat melakukan manajemen meja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EAS RK D 2022

 Evaluasi Akhir Semester Soal 1. Deskripsikan Kebutuhan Fungsional dan Non Fungsional aplikasi penyewaan alat berat.  (Mandiri - Waktu penge...