Di tugas kali ini, saya akan mencoba melakukan langkah pertama dalam rekayasa kebutuhan, yaitu Requirement Elicitation, untuk aplikasi di bidang pertanian. Di post ini, saya akan menggunakan aplikasi Pak Tani Digital sebagai studi kasus
Tentang Pak Tani Digital
Pak Tani Digital adalah sebuah startup sosial yang berusaha menghubungkan para petani dengan berbagai pemangku bidang kepentingan lainnya dalam satu perangkat aplikasi digital. Banyaknya permasalahan off-farming yang petani temui, mulai dari rendahnya harga komoditi, posisi tawar petani yang rendah, minimnya akses petani ke supplier, minimnya akses informasi pertanian, minimnya akses transportasi dan kondisi petani yang jauh dari teknologi, menyebabkan kesejahteraan petani di Indonesia masih rendah. Sehingga aplikasi ini dirancang untuk membantu petani belajar digital marketing, memasarkan hasil pertanian melalui marketplace, dan menemukan konsumen.
Selain itu startup ini juga berkomitmen menjadi platform media pertanian yang edukatif dan informatif di Indonesia, sehingga mendorong agar lebih banyak lagi generasi muda mencintai sektor pertanian. Pak Tani Digital juga berupaya untuk mengedukasi petani secara langsung, berkolaborasi dengan pemerintah, juga turun ke kampus-kampus pertanian di Indonesia dalam rangka sosialisasi digital farming di Indonesia.
Elisitasi Kebutuhan
Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem. Dengan begitu, pengembang dapat mencari tahu tentang layanan apa yang harus disediakan oleh sistem, kinerja sistem yang diperlukan, kendala perangkat keras, dan sebagainya.
Teknik Elisitasi
- Permasalahan apa yang ingin diselesaikan dengan aplikasi ini?
- Apakah sudah ada solusi lain untuk permasalahan tersebut?
- Apa yang membedakan aplikasi ini dengan solusi yang sudah ada?
- Siapa saja yang akan menggunakan aplikasi ini?
- Fitur apa saja yang diharapkan ada dalam aplikasi ini?
- Bagaimana fitur-fitur tersebut bekerja?
- Kapan saja fitur-fitur digunakan?
- Siapa saja yang dapat menggunakan fitur-fitur tersebut?
- Apa hasil akhir yang diharapkan?
Identifikasi Stakeholder
- UI/UX Designer
- Administrator
- Project Manager
- Business and System Analyst
- Frontend Developer
- Backend Developer
- Quality Control and Assurance
- Documentation Writer
- Penyelenggara sistem pembayaran
- Investor
- Pemerintah pusat dan daerah
Identifikasi Tujuan
- Mendukung petani masuk ke dalam ekosistem digital
- Mempertemukan supplier, konsumen, juga transporter dengan petani
- Memudahkan transaksi jual-beli di bidang pertanian
- Menyediakan informasi dan edukasi di bidang pertanian
Identifikasi Kebutuhan
- Dapat menampilkan berbagai produk pertanian baik dari petani maupun supplier
- Dapat menampilkan jasa transportasi yang tersedia
- Dapat menampilkan harga pasar berbagai produk pertanian di berbagai daerah
- Dapat melakukan lelang untuk hasil pertanian
- Dapat menyediakan sistem pembayaran bagi pengguna
- Dapat menyimpan riwayat pesanan dan transaksi pengguna
- Dapat memberikan statistik penjualan/penghasilan bagi petani, supplier, maupun transporter
- Dapat menampilkan informasi-informasi di bidang pertanian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar